SEKILAS INFO
22-06-2021
  • 5 bulan yang lalu / Website masih dalam tahap persiapan, data yang ditampilkan belum valid, hubungi admin sekolah untuk info selengkapnya
27
Des 2020
0
Pengaplikasian Video sebagai Media Pembelajaran di Era Milenial


Pendidikan
 merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Dalam dunia pendidikan sendiri kita dapat mendapatkan beberapa ilmu pengetahuan dan juga sebuah ketrampilan yang dapat kita pelajari serta kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang kurang menyadari akan pentingnya pendidikan yang harus di tempuh dari masa SD, SMP, SMA, bahkan sampai dengan perguruan tinggi. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan tidaklah berguna dan hanya menambah beban keluarga dalam pengeluaran keuangan. Dengan prinsip tersebut tentunya pemerintah perlu turun tangan dalam menghadapi permasalahan ini, seperti halnya memberikan beasiswa terhadap para pelajar yang kurang mampu, pemberian beasiswa terhadap pelajar yang berprestasi, dan banyak lainnya yang dilakukan oleh pemerintah dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia. Tentunya dengan begitu masyarakat Indonesia perlu memanfaatkan fasilitas dengan sebaik mungkin yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Di era milenial ini kita sebagai generasi penerus bangsa perlu menerapkan dan menjalankan pendidikan setinggi mungkin guna meningkan Sumber Daya Manusia yang ada di negara Indonesia. Apabila SDM negara kita maju, tentunya negara Kesatuan Republik Indonesia pun akan maju. Fasilitas yang diperoleh oleh para generasi milenial tentunya sangatlah memadai dan sudah tidak diragukan lagi kecanggihannya. Perkebangan teknologi dan komunikasi membuat generasi milenial mudah dalam mengakses ataupun memanfaatkan apa yang mereka butuhkan. Dengan begitu kita sebagai generasi milenial 4.0 harus memanfaatkan sebaik mungkin kemajuan teknologi dan komunikasi yang kian lama  kian berkembang dan canggih. Salah satunya yaitu dengan pembuatan video.

Video menjadi salah satu media yang sangat populer di jaman sekarang ini. Dapat diketahui tayangan video saat ini sangat mudah tersebar luas baik itu di media sosial seperti instagram, youtube, twiter, whatsapp, dll. Video tidak hanya digunakan untuk menampilkan sebuah berita maupun sinetron di dalam televise saja, namun juga dapat digunakan sebagai aplikasi media pembelajaran terhadap siswa khususnya sebagai media pembelajaran IPS di era milenial ini.

Video pembelajaran menampilkan sebuah audio dan visual yang berisi materi-materi pembelajarn IPS. Baik itu mata pelajaran IPS seperti geografi, sosiologi, ekonomi, antropologi, sejarah, dll. Dengan menggunakan media pembelajaran IPS dapat membantu kita dalam menyampaikan materi maupun memahami materi yang berisi konsep, prosedur serta teori ilmu pengetahuan yang ada di dalam video tersebut. Dengan menggunakan video tentunya materi yang di sampaikan akan lebih hidup sehingga audien akan lebih memahami materi yang disampaikan. Dengan begitu video menjadi salah satu yang berperan penting dalam media pembelajaran IPS untuk penyampaian materi maupun dalam presentasi.https://6cd21f94e6a87dbf8b27b11d5fc86e49.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html

 Video yang kita tampilkan dapat menyampaikan materi pembelajaran secara ringkas dan mudah di pahami karena di dalam video tersebut terdapat sebuah tampilan materi yang kita bahas dan juag berisi suara yang secara langsung menjelaskan materi tersebut. Sementraa itu video  sebagai media pembelajaran dapat digunakan oleh berbagai kalangan baik itu pelajar, mahasiswa, maupun guru dalam menyampaikan media pembelajaran IPS ini, hal ini dikarenakan dalam pembuatannya sendiri kini sudah banyak aplikasi yang menyajikan template sebagai alat bantu mengedit video sehingga bagus dan jeleknya video tersebut tergantung kreatifitas dari masing masing kreator video. Selain mudah dalam pembuatannya  penggunaan video sebagai media pembelajaran terutama IPS sangatlah efektif karena biasanya target atau sasaran akan lebih mudah untuk memahami materi yang dipaparkan melalui video sebab apabila menggunakan video biasanya materi akan terlihat lebih real karena adanya perpaduan antara Visual dan Audio secara langsung, seperti misalnya pemaparan materi tentang gempa bumi atau pergeseran lempeng bumi, dalam video tentang materi tersebut maka akan terlihat bagaimana sistem atau mekanisme terjadinya pergeseran lempeng tersebut sehingga penerima pun langsung bisa membayangkan bagaimana mekanisme terjadinya gempa, dan bahkan hal tersebut tidak hanya memudahkan penerima memahami materi saja melainkan juga membuatnya bisa memaparkan ulang materi terkait meskipun dengan bahasanya sendiri.

Untuk kekurangan video sebagai media pembelajarannya sendiri terletak pada proses pembuatannya yang tidak semua orang mau untuk belajar editing, sebab kebanyakan orang langsung menilai proses pembuatan video sebagai media pembelajaran ini sulit padahal tidaklah sulit apabila kita sudah memiliki konsepan atau rancangan video, untuk hal selain itu saya rasa hanya bertumpu pada ketlatenan dan kekreatifan dari kreator video,sementara pada skill pembuatan videonya bisa dipelajari secara otodidak ataupun bisa mencari referansi melalui internet tentang cara-cara pembuatan Video sebagai pembelajaran dasarnya.

Sementa itu apabila skill pembuatan  Video sebagai media pembelajaran sudah dikuasai oleh para pendidik atau penyampai materi, hal tersebut pasti akan sangat membantu baik guru maupun dari penyampai materi, karena tidak perlu cape cape menjelaskan dan sudah dijelaskan secara rinci oleh video pemaparan, lalu apabila ada siswa/ mahasiswa yang hendak bertanya bisa mulai dilakukannya diskusi baik itu didalam kolom komentar ,aupun secara langsung apabila pembelajaran secara luring yang tentunya diskusi tersebut berisi pertanyaan dan jawaban yang nantinya dipandu oleh pemberi materi, untuk yang menjawab pertanyaannya sendiri bisa dilakukan oleh sesame temannya sendiri maupun oleh pemberi materi, apabila hal tersebut benar terlaksana pastilah akan tercipta diskusi yang berbobot sebab dari setiap anak sudah setidaknya memahami dan mendapat gambaran mengenai materi yang dijelaskan didalam video.

Dilain sisi adapula hal yang membuat video sebagai media pembelajaran ini tidak begitu efektif, misalkan seperti Kuota untuk mendownload atau untuk menonton video yang cenderung lebih cepat habis atau boros dan juga rawan terjadinya server down apabila proses pembelajaran dilakukan secara daring dan semua penyampaian materi menggunakan video.

Seperti hal lainnya Penggunaan video sebagai media penyampaian materi tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan seperti yang sudah dipaparkan diatas, semua tergantung dari sudut pandang mana kita menilai dan juga lebih banyak mana antara kelebihan dan kekurangannya sehingga membuat Video sebagai media pembelajaran ini dapat digunakan dalam pembelajaran di Era Milenial ini.

Sumber: kompasiana

DATA SEKOLAH

SMP NEGERI 1 ARANDAY

NPSN : 60401956

Jl. Wanagir Kampung Sebyar Rejosari Distrik Tomu Kab. Teluk Bintuni
KEC. Tomu
KAB. Teluk Bintuni
PROV. Papua Barat
KODE POS 11111

PENGUMUMAN

Pembelajaran Semester Genap Tahun 2020-2021

Pengumuman Daftar Siswa Baru Tahun 2017/2018

Pembukaan Pendaftaran Calon Siswa Baru